Resep Sakuramochi Manis Khas Jepang

Resep Sakuramochi Manis Khas Jepang

Resep Sakuramochi Manis Khas Jepang. Sakuramochi adalah salah satu jenis kue yang dibuat di Jepang menjelang musim semi tiba. Menjelang sakura merekah, berbagai tema tentang sakura memang bermunculan di Jepang. Starbucks Coffee misalnya, secara khusus mengeluarkan minuman bertema Sakura yang disebut Sakura Frappucino. Minuman ini berwarna pink sakura dengan rasa almond.

Namun secara tradisional, makanan yang paling populer di masyarakat Jepang menjelang musim semi adalah sakura mochi. Makanan ini juga dimakan saat diselenggarakannya festival boneka atau Hinamatsuri pada tanggal 3 Maret. Bentuk sakura mochi ini mungil dan indah. Keseluruhannya berwarna pink. Lapisan mukanya terbuat dari tepung beras tipis gulung.

Ada dua jenis sakura mochi di Jepang, yaitu model Kansai (Osaka dan bagian barat Jepang) dan model Kanto (Tokyo dan bagian timur Jepang). Kalau model Kansai, mochi terbuat dari beras ketan yang lengket. Model mochinya tertutup. Bagi Anda yang penasaran dengan resep sakkuramochi ini, langsung saja simak resep dibawah ini.

Anda pasti suka:  Resep Nasi Goreng Saus Teriyaki yang Enak

Resep Sakuramochi

Bahan Sakuramochi :
• 8 daun sakura yang diawetkan dengan garam
• ½ gelas (50 gram) tepung terigu
• 1 sdt gula
• Sejumput garam
• 1 sdm tepung kentang (atau tepung jagung)
• ½ gelas (100 ml) air
• Sedikit pewarna makanan warna merah
• 160 gram pasta kacang merah (Lihat resep Zenzai)
• Minyak sayur untuk memasak adonan

Anda pasti suka:  Resep Membuat Puding Santan Lapis Jahe yang Lembut

Cara Membuat Sakuramochi :
1. Rendam daun sakura di dalam air selama sekitar satu jam untuk menghilangkan garamnya.
2. Campur tepung terigu, gula, garam dan tepung kentang di dalam mangkuk. Tambahkan air lalu aduk menjadi adonan halus. Masukkan beberapa tetes pewarna merah sehingga adonannya berwarna merah muda pucat.
3. Panaskan penggorengan. Lapisi penggorengan dengan minyak sayur. Buat dadar dengan takaran satu sendok sup adonan untuk satu dadar. Gunakan bagian punggung sendok untuk melebarkan adonan menjadi dadar yang tipis dan lonjong. Panaskan di atas api kecil atau sedang. Balikkan setelah sekitar satu menit setelah satu sisinya matang. Angkat dan biarkan dingin.
4. Angkat daun sakuranya dari rendaman air, keringkan menggunakan lap atau tisu dapur. Bagi pasta kacang merah menjadi 8 porsi berbentuk lonjong.
5. Tempatkan seporsi pasta kacang pada setiap dadar, lalu gulung. Kemudian bungkus gulungan tadi dengan daun sakura. Biarkan sakuramochi beberapa lama hingga menyerap bau harum dari daunnya.

Anda pasti suka:  Resep Masakan Docang Yang Lezat

Resep Sakuramochi

Itulah resep sakuramochi manis khas Jepang yang bisa Anda coba resep nya dirumah dan nikmati sebagai camilan ketika sedang santai bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba.

Suka dengan resep ini…? Like & Share yaa…!! Terima kasih 🙂

Silahkan Komen Disini