Prospek Perekonomian Indonesia Tahun 2015

Perlambatan ekonomi di Indonesia pada tahun  2014 lalu diperkirakan tidak akan terus berlanjut di tahun 2015 ini. Perkiraan prospek perekonomian Indonesia tahun 2015 mencapai 5,6 persen. Hendri Saparini sebagai Executive Director of CORE Indonesia saat sedang diskusi di daerah Tebet beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa pertumbuhan perekonomian di tahun 2015 diperkirakan bisa tumbuh lebih tinggi sekitar 5,3 hingga 5,6 persen.

Diapun menjelaskan hal tersebut bisa dilakukan kalau saja pemerintah bisa memanfaatkan peluang serta membaiknya lingkungan eksternal demi memaksimalkan ekonomi domestik. Hendri Saparini juga menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi domestik akan terus berasal dari konsumsi swasta yang bertumbuh hingga 5 persen.

Prospek Perekonomian Indonesia Tahun 2015

Prospek Perekonomian Indonesia Tahun 2015

Diperkirakan pada tahun ini penduduk akan membaik seiring dengan kondisi perekonomian internasional dan nasional yang juga semakin membaik. Selain itu juga populasi penduduk tumbuh hingga 1,5 persen untuk setiap tahun menjadi bantalan demi menjaga stabilitas pertumbuhan konsumsi swasta.

Anda pasti suka:  4 Macam Bisnis Online Bagi Pemula

Baca juga : Sekolah Bisnis Online 1 Milyar

Prospek perekonomian Indonesia di tahun lalu diprediksi oleh BPS atau Badan Pusat Statistik sekitar 5,1 persen sampai 5,5 persen. Sedangkan ADB atau Asian Development Bank memperkerikan prospek pertumbuhan ekonomi di tahun lalu mencapau 5,3 persen, yakni lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya yang mencapai 5,7 persen, sementara BI atau Bank Indonesia memperkirakan prospek perekonomian Indonesia di tahun 2015 ini mencapai 5,1 persen sampai 5,5 persen.

Y Sri Susilo selaku sekretaris ISEI cabang dari Yogyakarta menyebutkan bahwa perekonomian mengacu pada pertumbuhan di 5 tahun terakhir ini, maka perkiraan pertumbuhan perekonomian Indonesia tahun 2015 tidak jauh akan berbeda. Lebih lanjut diperkirakan oleh ADB yang memangkas perkiraannya untuk pertumbuhan ekonomi di tahun ini semula mencapai 6 persen kemudian menjadi 5,8 persen. Sementara Bank Dunia memprediksikannya sebesar 5,6 persen. Sedangkan KEN atau Komisi Ekonomi Nasional menyebutkan ekonomi Indonesia mencapai 5,2 persen hingga 5,5 persen, dan BI memprediksinya tumbuh menjadi 5,4 persen sampai 5,8 persen di tahun ini.

Anda pasti suka:  Lingkungan Kesuksesan

Baimana prospek perekonomian Indonesia tahun 2015? Jawabannya dari pertanyaan tersebut sudah terjawab pada beberapa perkiraan prospek di atas. Banyak yang menyebutkan bahwa hasil dari seminar yang dilakukan beberapa waktu lalu tidak akan jauh berbeda dengan kenyataan yang ada. Seminar yang menyampaikan materi Outlook Perekonomian Indonesia 2015 oleh Gubernur BI dan disampaikan oleh Kepala Perwakilan BI dari DIY tersebut bisa menjadi acuan bagi kita semua.

Anda pasti suka:  Bagaimana Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang?

Seminar yang membahas prospek perekonomian Indonesia di tahun 2015 tersebut dihadiri oleh lebih dari 200 peserta yang terdiri dari perwakilan perbankan, akademisi, pengusaha, birokrasi dan media cetak atau elektronik. Seminar tersebut menjadi seminar yang membahas perkiraan pertumbuhan perekonomian Indonesia di tahun 2015 dan diselenggarakan oleh ISEI yang bekerjasama pada Kantor Perwakilan BI dan didukung oleh Fakultas Ekonomi UJB serta SKH Kedaulatan Rakyat.

Silahkan Komen Disini