Apa yang Menginspirasi Anda ?

success

 

Saat berpikir tentang usaha Anda, apa yang Anda harapkan … kaya raya ? menyalurkan kreativitas ? fleksibilitas yang lebih besar dalam hidup ? Apakah anda membayangkan bekerja sendirian atau membangun perusahaan bersama para pegawai lain ? Apakah anda berharap perusahaan anda tumbuh makin besar atau tetap kecil ?

Saat Anda membangun dan menjalankan suatu usaha, Anda perlu tahu apa yang memotivasi Anda agar Anda dapat menciptakan sebuah perusahaan yang mampu memberikan jawaba atas kebutuhan-kebutuhan tersebut. Jika tidakk, bisa jadi Anda justru akan menghancurkan hasil kerja keras Anda sendiri. Sebagai contoh, saya kenal seorang desainer yang sangat mengidolakan kreativitas dan akhirnya merasa frustasi saat perusahaannya menjadi besar hingga ia sendiri tidak sempat memegang pensil untuk membuat desain seperti dulu. Lalu, ia mulai menghancurkannya hanya agar ia bisa kembali ke meja gambar.

Para pengusaha termotivasi oleh apa yang saya disebut sebagai 4C : Creativity (kreativitas ), Control (kendali ), Challenge (tantangan) dan Cash (uang). Tentu saja dalam tingkatan tertentu kita semua menginginkan keempatnya , tetapi mengetahui apa yang kita inginkan atau yang paling kita butuhjkan bisa membantu dalam membangun perusahaan agar mampu mencapai tujuan dengan baik.

Perlu diingat bahwa kadang ada perimbangan antara berbagai tujuan pribadi. Memperoleh banyak uang sering berarti pengurangan kendali; mempertahankan kreativitas mungkin berarti anda harus mencari rekanan atau membiarkan perusahaan tumbuh dengan lambat.

Anda pasti suka:  Jadikan Siapa saja melihat Anda sebagai orang yang sangat menarik

Mana keempat C tersebut yang paling memotivasi anda ?

  • Creativity ( kreatifitas)
    Para pengusaha selalu ingin menunjukkan diri. Perusahaan-perusahaan mereka bukan hanya sarana untuk mencari nafkah, tetapi juga sebagai cara dalam menciptakan sesuatu yang menunjukkan ciri khas mereka . kreativitas terwujud dalam berbagai bentuk, mulai dari mendesain atau membuat sesuatu yang baru, sampai merancang sebuah proses bisnis atau cara baru dalam menjual , menangani konsumen , atau memberi penghargaan pada para pegawai.
    Jika anda ingin menyalurkan kreativitas , pastikan agar anda selalu terlibat dalamproses kreatif pada saat perusahaan anda berkembang. Anda pasti ingin agar usaha Anda bukan hanya sebagai sarana untuk mempertahankan dorongan kreatif dalam diri anda serta memberikan sumbangan yang lebih besar pada msyarakat. Tetapi jangan menangani semua urusan perusahaan, khususnya jika perusahaan anda berukuran besar . berikan kesempatan pada yang lain, khususnya pada rekanan dan karyawan untuk ikut serta dalam proses kreatif.
  • Control (kendali)
    Sebagian besar orang memulai usaha karena ingin mengendalikan sendiri hidup mereka. Mungkin kita ingin lebih berperan dalam proses penerapan gagasan-gagasan kita. Mungkin kita ingin menentukan sendiri jam kerja dan situasi kerja agar kita punya lebih banyak waktu untuk keluarga, masyarakat , atau untuk melakukan hobi. Kendali adalah motivator utama bagi sebagian besar pengusaha , biasanya bahkan lebih penting dari pada uang. Tetapi seberapa banyak kendali yang anda inginkan khususnya dalam aktivitas sehari-sehari berpengaruh langsung pada seberapa besar perusahaan Anda bisa berkembang.
    Jika anda ingin memiliki kendali atas hampir semua waktu anda, berarti anda harus menjaga agar perusahaan Anda berukuran kecil. Dalam perusahaan besar, anda tidak bisa menangani semua proses pengambilan keputusan. Jika anda membutuhkan kendali tetapi ingin mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar, Anda perlu merancang system komunikasi yang tepat untuk memastikan agar anda punya informasi yang memadai tentang perkembangan-perkembangan yang terjadi sehingga mampu memberikan kepuasan pribadi bagi Anda sendiri . jika anda mencari sumber dana dari luar , anda perlu memahami apa saja yang akan menjadi kewenangan para pemegang saham, dan pastikan bahwa anda bisa menerimanya .
  • Challenge (tantangan)
    Jika Anda membangun atau mengembangkan sebuah bisnis , jelas anda adalah orang yang suka bisnis , jelas anda adalah orang yang suka tantangan setdaknya dalam tingkatan tertentu. Anda suka memecahkan masalah dan mengambil resiko , menikmati tugas mencari penyelesaian atas berbagai masalah atau merancang proyek –proyek baru. Orang-orang yang haus akan tantanga bisa menjadi pelaku bisnis yang paling sukses , tetapi bisa juga menjadi musuh besar bagi mereka sendiri, meloncat dari satu kegiatan menuju kegiatan lain tanpa mencurahkan usaha yang cukup untuk masing-masing kegiatan hingga akhirnya gagal.
    Jika anda membutuhkan tantangan dalam kehidupan bisnis anda , maka anda perlu mengembangkan cara-cara positif untuk memenuhi kebutuhan tersebut, khususnya setelah perusahaan anda berdiri dan tantangan awal dalam mendirikan perusahaan telah teratasi. Jika tidak demikian kemungkinan anda akan terus memulai proyek-proyek baru yang mebuat anda melupakan tujuan-tujuan perusahaan. Saat Anda merencanakan usaha, tetapkan pula tujuan-tujuan pribadi yang tidak hanya mampu memberikan dorongan yang memadai bagi anda , tetapi juga mampu memajukan usaha anda.
  • Cash (uang)
    Semua pengusaha ingin mendapatkan uang. Anda yang berusaha untuk sekedar memperoleh penghasilan yang memadai , tetapi ada juga yang ingin memperoleh banyak uang untuk bisa membeli pesawat jet pribadi . jumlah uang yang Anda inginkan berpengaruh pada bagaimana Anda mengembangkan usaha. Apakah Anda memerlukan investor dan kapan ? Apakah Anda bersedia menyerahkan kendali pada orang lain agar usaha Anda lebih cepat maju ?
    Biasanya , kendali atau control merupakan motivator utama bagi para pengusaha. Kendali ini bisa mencakup mulai dari kemampuan untuk membuat keputusan sampai melakukan tindakan yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan secara langsung , bahkan fleksibilitas untuk memilih hari kerja. Sejumlah pengusaha lain lebih termotivasi oleh keinginan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik karya seni atupun perangkat lunak. Orang-orang yang hanya termotivasi oleh uang sering kali mengalami kegagalan.
Silahkan Komen Disini
Translate »