Tips Memilih Makanan yang Tidak Mengandung Zat Berbahaya

diet langsing smart detox

Akhir – akhir ini banyak sekali makanan yang mengandung berbagai zat berbahaya bagi kesehatan dan yang menjadi permasalahannya sekarang adalah bagaimana catanya mengetahui jika makanan tersebut mengandung zat berbahaya atau tidak. Memang sulit untuk mengetahuinya, tetapi jangan khawatir karena masih ada cara untuk mengetahuinya kok. Nah, di bawah ini adalah tips memilih makanan yang tidak mengandung zat berbahaya yang bermanfaat bagi Anda.

Tips Memilih Makanan yang Tidak Mengandung Zat Berbahaya

Cara Mengetahui Makanan yang Mengandung Zat Berbahaya

Dibawah ini adalah beberapa makanan favorit yang  sering menggunakan zat – zat berbahaya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan cara mengetahuinya sebagai tips memilih makanan yang tidak mengandung zat berbahaya yang bisa Anda lakukan.

  • Bakso

Tips memilih makanan yang tidak mengandung zat  berbahaya yang pertama adalah hindari untuk memakan bakso yang kenyal dan dapat dipantulkan seperti bola. Mengapa? Karena jika bakso tersebut menujukkan ciri – ciri seperti diatas, maka bisa dipastikan jika bakso tersebut mengandung boraks. Adapun ciri lainnya yakni jika Anda menggigit bakso tersebut, maka bentuknya akan kembali pada bentuk semula.

  • Daging

Jika Anda melihat daging yang digantung lalu meneteskan air, maka itu adalah pertanda jika daging tersebut merupakan daging yang sudah diisi oleh air sebelumnya. Biasanya daging yang masih asli mempunyai warna yang merah serta tidak ada gelembung pada serat – seratnya.

Baca juga : Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Anak

  • Saos

Jika Anda menemukan saos yang warnyanya dapat membekas di tangan Anda, maka Anda patut mencurigainya sebagai saos yang memakai pewarna tekstil.

  • Tahu

Tahu yang mengandung zat formalin dapat Anda kenali dengan teksturnya yang keras dan mempunyai bau kimia.

  • Daging Ayam

Warna yang kekuning – kuningan adalah warna daging ayam yang masih segar sedangkan warna daging ayam yang putih bersih dapat Anda curigai sebagai bekas dari ayam yang mati.

Sebagian daging ayam juga ada yang dicampur dengan formalin, adapun cara mengetahuinya yaitu dengan cara menekan jari telunjuk Anda pada daging ayam tersebut. Jika keluar lendir atau air maka berarti daging tersebut sudah positif tercampur dengan zat formalin.

  • Ikan

Ikan basi maupun yang sudah diberi formalin biasanya cenderung memiliki tekstur yang lembek serta warna insangnya terlihat merah tua. Jika Anda ingin membeli ikan, maka belilah ikan yang masih hidup untuk menjaga kesegarannya.

Selain tips memilih makanan yang tidak mengandung zat berbahaya diatas, maka Anda juga harus memperhatikan faktor kemasan dari makanan tersebut. Hindari untuk menggunakan kemasan yang terbuat dari plastik, melamin dan styrofoam yang akan diisi dengan makanan panas karena ternyata bisa menyebabkan kanker. Untuk itulah sebaiknya mulai dari sekarang Anda harus berhati – hati dalam memilih makanan agar dapat terhindar dari makanan yang mengandung zat berbahaya tersebut.

Silahkan Komen Disini