Tips Memilih Makanan Kemasan

diet langsing smart detox

Makanan yang kita konsumsi sekarang memang kebanyakan adalah makanan yang instan dan biasanya dalam bentuk kemasan. Tetapi, tahukah Anda jika akhir – akhir ini banyak sekali makanan kemasan yang dapat mengancam kesehatan Anda? Untuk itu, pada topik kali ini saya akan membahas mengenai tips memilih makanan kemasan yang aman bagi kesehatan Anda.

Tips Memilih Makanan Kemasan

5 Tips Memilih Makanan Dalam Kemasan

Anda perlu memperhatikan 5 hal dibawahini sebelum memutuskan untuk membeli makanan kemasan yang Anda inginkan.

  • Bahan Kemasan (gelas, plastik stryrofoam dan kaleng)

Adapun bahan yang bagus tentu saja bahan yang tidak menimbulkan interaksi yang bisa mengakibatkan perubahan pada makanan di dalam kemasan tersebut. Bahan yang aman untuk digunakan adalah bahan yang terbuat dari gelas ataupun plastik dengan goodgrade jenis HDPE dan LDPE. Hindari untuk memilih kemasan yang terbuat dari kertas bekas, koran maupun plastik kresek hitam karena bahan tersebut mengandung timbal.

testimoni smart detox
  • Kondisi Kemasan

Jangan memilih kemasan makanan yang sudah berkarat, sobek, penyok, berubah warna dan pastikan juga jumlah gas yang ada di dalam kemasan masih cukup. Anda juga perlu memperhatikan segel yang utuh pada kemasan makanan tersebut.

  • Tanggal Kadaluarsa atau Expired Date

Tips memilih makanan kemasan selanjutnya adalah tanggal kadaluarsa. Ya, Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan yangtanggal kadaluarsanya sudah jatuh tempo atau bahkan hanya tinggal beberapa hari lagi saja. Anda tidak boleh terkecoh dengan diskon besar – besaran di supermarket, karena biasanya kondisi makanan tersebut mendekati kadaluarsa dan tidak lagi 90%. Anda tetap harus memperhatikan tanggal kadaluarsanya agar kesehatan Anda bisa terjaga.

  • Label Pada Kemasan

Pilihlah makanan yang memiliki label BPOM ataupun izin dari dinas kota dan kabupaten. Selanjutnya bagi Anda yang seorang muslim, maka sebaiknya Anda memilih makanan yang sudah berlabel MUI untuk menjaga status “halal” terhadap bahan dari makanan kemasan tersebut.

  • Perhatikan Komposisi Makanan

Belakangan ini sangat marak sekali makanan yang mengandung pewarna, pemanis serta pengawet buatan yang dijual bebas di pasaran. Jika sampai dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh Anda, maka efek negatif dari zat – zat berbahaya tersebut akan baru terasa dalam beberapa tahun kedepan. Tentu saja Anda tidak mau jika hal ini terjadi pada diri Anda, bukan? Beberapa jenis pemanis buatan seperti isomalt, alitame, aspartame, asesulfam K, maltitol, laktitol, manitol, sakarin, neotame, siklamat, sukralose, sylitol dan sorbitol adalah jenis pemanis buatan yang aman dan telah diperbolehkan oleh BPOM untuk dikonsumsi dalam makanan kemasan Anda.

Anda harus berhati – hati dalam memilih makanan kemasan agar tidak membahayakan kesehatan pada tubuh Anda. Semoga tips memilih makanan kemasandiatas bisa Anda terapkan dalam memilih makanan kemasan.

testimoni smart detox
Silahkan Komen Disini