Resep Siomay Ayam yang Nikmat Banget

Resep Siomay Ayam yang Nikmat BangetResep Siomay Ayam yang Nikmat Banget. Siomay merupakan jenis makanan yang mempunyai ciri khas rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal. Siomay adalah salah satu makanan yang berasal dari kota Bandung.

Simai atau siomay merupakan salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut iu maai.

Kulit shaoimai adalah serupa dengan kulit pangsit. Makanan ini konon berasal dari Mogolia Dalam. Dalam resep masakan Cina, simai adalah daging babi cincang yang dibungkus kulit yang tipis dari tepung terigu.

Meskipun demikian, siomai juga ada dibuat dari udang, daging kepiting atau daging sapi. Siomai dibuat berbentuk silinder dan di atasnya diberi hiasan seperti telur kepiting, parutan wortel atau kacang polong.

Setelah di matangkan dengan cara dikukus, somai di makan dengan cuka atau kecap asin. Kalau di Indonesia, siomay yang paling terkenal adalah simay khas Bandung.

Makanan khas kota Bandung ini biasanya terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri atau jenis ikan yang lainnya. Namun, untuk jenis siomay yang akan kami buat ini adalah siomay yang terbuat dari daging ayam sehingga dinamakan siomay ayam.

Siapa sih yang tidak suka siomay. Anak-anak hingga orang dewasa pun sangat suka dengan camilan kenyal yang stau ini, lantaran dibuat dari petung sagu atu maizena ini.

Memang siomay adalah makanan sederhana. Namun tetap saja, makanan ini menawarkan rasa enak dan lezat bagi siapa saja yang menikmatinya.

Tak ayal banyak orang yang berkonsentrasi mengambil untung dari makanan ini. Lihat saja, tidak sedikit pedangan yang menjajakan makanan ini, mulai dari dengan cara mendorong gerobak sampai mendirikan kedai atau warung.

Siomay ayam mempunyai rasa yang tidak kalah enaknya dengan siomay ikan. Siomay ayam ini juga nikmat sekali dikonsumsi dengan cocolan sambal atau saus kacang.

Selain itu, siomay juga biasanya disajikan dengan telur ayam rebus dan sayuran seperti kentang, peria dan kubis. Sebelum dihidangkan, biasanya siomay dan bahan pelengkapnya dikukus terlebih dahulu supaya bisa disajikan dalam konsisi hangat.

Tahu bakso (tahu putih dan tahu kulit yang diisi adonan tapioka) juga bisa dimasukkan ke dalam jenis siomay. Sebab itulah di Jawa Barat, siomay sangat populer sebelum bakso tahu.

Siomay ayam ini juga bisa menjadi makanan alternatif frozen food untuk mengisi kulkas anda. Masakan ini juga cukup praktis dibuat maupun dimakan sehingga cocok untuk bekal ke sekolah.

Yuk, coba membuat siomay ayam ini di rumah. Untuk proses pembuatan dan penyajiannya, anda bisa membuat kreasinya sendiri sesuai selera anda nanti di rumah dengan menyimak resep yang akan kami bagikan ini.

Siomay ayam ini bisa anda nikmati sebagai camilan untuk mengganjal perut ketika sedang lapar. Berikut ini adalah resep siomay ayam yang nikmat banget untuk anda.

Resep Siomay Ayam

Bahan :

testimoni smart detox
  • 10 lembar kulit siomay bulat
  • 25 gr wortel, diparut untuk taburan

Bahan Isi :

  • 150 gr ayam, cincang halus
  • 50 gr udang, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sendok makan tepung sagu
  • 2 buah putih telur
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • ½ sendok teh garan
  • ½ sendok teh minyak wijen
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • ¼ sendok teh gula pasir

Cara Membuat Siomay Ayam :

  1. Aduk rata ayam, udang, bawang putih, putih telur, daun bawang, garam, merica bubuk, minyak wijen dan kecap ikan lalu banting-banting.
  2. Tambahkan tepung sagu dan aduk rata.
  3. Ambil selembar kulit siomay, beri isi, lipat-lipat sisinya dan oles dengan air. Tabur dengan wortel.
  4. Kukus adonan siomay ayam ini selama 25 menit hingga matang.
  5. Angkat dan hidangkan masakan siomay ayam ini saat masih hangat.

Resep Siomay Ayam

Demikian resep siomay ayam yang nikmat banget ini. Silahkan coba resep ini di rumah dan sajikan siomay ayam ini bersama saus sambal kesukaan anda ya.

Semoga makanan siomay ayam ini bisa menjadi menu camilan favorit anda dan keluarga. Selamat mencoba dan selamat menimati.

suka dengan resep ini? Like & share yuk 🙂

#sharetocare  🙂

Silahkan Komen Disini