Resep Ramen Tempura yang Sedap Mantap

diet langsing smart detox

Resep Ramen Tempura yang Sedap MantapResep Ramen Tempura yang Sedap Mantap. Negara sakura terkenal dengan budayanya yang begitu beragam serta banyaknya kuliner yang membuat nafsu makan kita jadi bertambah.

Salah satu makanan kuliner Jepang yang banyak di buru oleh masyarakat Indonesia adalah mie ramen. Rame adalah sebuh hidangan khas Jepang, jenis makanan ini semakin terkenal bagi penikmat kuliner di Indonesia.

Kalau anda teliti, pasti anda setuju jika kuah ramen ini membuat rasa dari semangkok ramen ini terasa begitu lezat.

Makanan ini awalnya berasal dari Cina, ramen disajikan dalam kaldu pekat di Jepang selama lebih dari satu abad. Tapi seperti halnya Pizza di Amerika, hidangan ini hanya meluas setelah Perang Duni II.

Setelah pasukan kembali ke negaranya, ramen mengalami sedikit modifikasi dalam hal rasa dan tekstur mie dengan menggunakan tepung gandum, tulang daging dan sayuran sampai seperti sekarang yang kita lihat dan rasakan.

Ramen sekarang menjadi hidangan nasional Jepang. Museum ramen bahkan dibuka untuk dedikasinya terhadap sejarah Jepang. Bahkan sekarang, ekspor ramen menjadi yang terbesar di Jepang Sejak abad ke 20, dalam sebuah jejak pendapat nasional.

Satu hal yang membuat ramen berbeda dari olahan mie kebanyakan adalah kuahnya. Kaldu ramen bisa dikategorikan menjadi empat jenis yakni shio atau garam, shoyu atau kecap, miso atau pasta kacang fermentasi dan tonkotsu atau daging babi di Negara asalnya.

Tiga jenis pertama adalah perasa sedangkan yang terakhir adalah kaldu asli. Kaldu merupakan bahan utama yang direbus untuk membuat kuah ramen.

Kaldu bisa terbuat daru tulang babi (untuk tiap Negara disesuaikan menurut kultur dan budaya), ayam, sapi ataupun ikan segar.

Juga bisa berupa rumput laut atau seafood kering. Selain bahan utama tersebut, kaldu ramen menggabungkan berbagai bumbu aromatik, seperti bawang putih, jahe, daun bawang segar dan jamur.

Nah, untuk kali ini kita akan membuat ramen yang agak berbeda dari sebelumnya yaitu ramen tempura. Ramen yang dipadukan dengan tempura ini pasti akan menciptakan sebuah citarasa yang enak.

Dan bagi anda pecinta kuliner khas Jepang ini, wajib coba menu yang satu ini di rumah agar anda tidak penasaran dengan rasanya yang lezat.

Selain itu, anda pun tidak perlu repot-repot untuk membelinya ke restoran bukan..? Lebih baik membuat sendiri sebab pastinya lebih higienis dan bergizi.

Penasaran kan ingin mencoba membuat ramen tempura ini di rumah…? Kalau begitu langsung saja ya, simak resep ramen tempura yang sedap mantap berikut ini.

Resep Ramen Tempura

Bahan Utama :

  • 200 gr mie ramen
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Bahan Kuah :

Fakta Smart Detox
  • 750 ml air
  • 700 gr ayam buras
  • 2 batang daun bawang, potong serong tipis
  • 1 tangkai seledri, iris halus
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok teh soda

Bahan Tempura :

  • 400 gr udang windu, kupas dan sisakan ekornya
  • 100 gr tepung tempura/tepung roti khas jepang
  • 1 liter minyak goreng
  • 1 sendok makan air jeruk lemon

Bahan Adonan Pencelup :

  • 5 ml air
  • 1 ½ sendok makan tepung terigu
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat Ramen Tempura :

  1. Rebus mie ramen sampai lunak lalu angkat dan tiriskan.
  2. Kuah : rebus ayam dengan api kecil. Angkat ayam dan saring kaldunya.
  3. Didihkan lagi air kaldu. Tambahkan kecap asin dan soda. Masukkan daun bawang dan daun seledri kemudian angkat.
  4. Tempura : kerat-kerat bagian bawah perut udang. Lumuri udang dengan air jeruk lemon dan tiriskan.
  5. Adonan pencelup : aduk semua bahan sampai licin kemudian celupkan udang pada adonan pencelup sampai rata. Setelah itu gulingkan pada tepung terigu sampai rata.
  6. Goreng udang dalam minyak panas hingga matang dan kering.
  7. Sajikan dengan menaruh masakan ramen tempura ini dalam mangkok-mangkok saji. Beri tempura, tuangi kuahnya dan hidangkan selagi masih hangat.

Resep Ramen Tempura

Itulah resep ramen tempura yang sedap mantap dan bisa segera anda coba resep nya di rumah agar dapat menikmatnya bersama keluarga tercinta.

Anda bisa menjadikan masakan ramen tempura ini saat masih hangat supaya rasa kuahnya yang sedap ini terasa lebih nikmat.

#sharetocare  🙂

Silahkan Komen Disini