Konsep Yin Yang Dalam Kehidupan

diet langsing smart detox

 konsep yin yang dalam kehidupan
Konsep Yin Yang telah ada ribuan tahun yang lalu, bersumber dari kitab perubahan (I-ching). Yin dapat disamakan dengan atribut gelap, sedih, negatif, pasif, dingin, feminin, dan lain-lain. Sedangkan Yang mempunyai atibut terang, gembira, aktif, positif, maskulin, dan lain-lain.

Konsep Yin Yang Dalam Kehidupan

Gambar atau lambang Yin Yang berbentuk lingkaran yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu warna putih dan warna hitam. Di dalam warna putih masih terdapat lingkarang kecil berwarna hitam, dan sebaliknya, di bagian warna hitam juga terdapat lingkaran kecil berwarna putih. Gambar Yin Yang tersebut digunakan untuk melambangkan keseimbangan. Apapun yang ada di dunia ini harus memiliki keseimbangan antara dua sisi yang berbeda atau saling berlawanan. Tugas utama kita adalah menjaga keseimbangan di antara kedua kutub tersebut. Jika dalam kehidupan terjadi ketidakseimbangan, akan merugikan diri kita sendiri. Orang akan sakit, tidak bahagia, gagal, dan sebagainya karena terjadi ketidakseimbangan antara Yin dan Yang.Menggambarkan Realitas Dualisme. Apapun yang ada di dunia ini mempunyai dua aspek yang saling bertolak belakang (“berlawanan”), namun sebenarnya saling tergantung dan melengkapi. Tidak ada terang tanpa gelap, tidak ada cantik tanpa jelek, tidak ada kaya tanpa miskin, dan lainnya. Menggambarkan roda yang terus-menerus berputar, tanpa henti. Artinya, melambangkan perubahan yang terus menerus atau bisa juga diartikan sebagai tranformasi dari satu bentuk menjadi bentuk lainnya. Dari panas menjadi dingin, dari hidup menjadi mati, dari miskin menjadi kaya, dari rugi menjadi untung, dari gagal menjadi sukses, dari nasib malang menjadi keberuntungan, dan sebagainya.

Konsep Yin Yang Dalam Kehidupan

Tidak ada kesempurnaan di dunia ini. Adanya titik hitam di bagian yang berwarna putih dan sebaliknya, titik putih di bagian berwarna hitam, menandakan bahwa tidak ada kesempurnaan di dunia ini, tidak ada kebaikan yang sempurna dan juga tidak ada kejelekan yang abadi. Setiap benda atau makhluk hidup mempunyai keunggulan dan kelemahan.Suatu pagi seekor tikus keluar dari lubang persembunyiannnya. Ia melihat terik sinar matahari menyinari bumi. Dengan kagum ia berkata, “Oh, Raja Matahari, kamu yang paling hebat.”
Matahari berkata, “ Jika Awan keluar, kamu tidak bisa melihat aku dan aku juga tidak bisa melihat kamu lagi. Awanlah yang lebih hebat.”
Kemudian tikus berpaling kepada awan dan berkata, “Oh, Raja Awan, rupanya kamu yang paling berkuasa di dunia ini.”
“Kamu salah. Ketika Angin datang , aku akan diusir,” kata Raja Awan.
“Oh, Angin ternyata kamulah yang paling hebat di dunia ini,” kata tikus.
“Aku tidak bisa menembus didnding, aku bukanlah yang paling hebat,” kata Angin.
“Oh, Dinding, kalau begitu pasti kamu yang paling hebat, “kata tikus.
“Tidak juga, kamu lihat aku mulai retak-retak, teman-temanmu mulai menggali lubang di bawah dinding. Kamulah yang paling hebat, “kata Dinding.
Setelah berpikir-pikir, tikuspun menyadari bahwa dalam hidup ini tidak ada yang paling hebat. Tikus juga akan dimakan binatang lainnya, demikian seterusnya.Pesan
Sesuai dengan konsep Yin Yang, setiap benda ataupun makhluk hidup tidak mempunyai keunggulan mutlak. Setiap keunggulan, kelebihan, atau keahlian akan disertai kelemahan atau kekurangan du sisi yang seiring.
Begitu juga dengan manusia, masing-masing mempunyai keunggulan atau bakat yang spesifik dan unik. Masalahnya, bagi sebagian besar orang, justru sifat atau sikap yang jeleklah yang lebih sering muncul ke permukaan. Hal ini tentunya akan menghambat mereka dalam proses pencapaian kesuksesan. Bagaimana dengan diri Anda?

Silahkan Komen Disini